Tahapan menjadi Kontraktor Pemborong

Modal minimal kontraktor pemborong

Tue, 10 Dec 2019 4:29am (4-tahun lalu)

Kontraktor merupakan pekerjaan dengan sistem kerja Kontrak, terdapatnya perjanjian-perjanjian mengikat kedua belah pihak dalam jangka waktu ditentukan.
Sedangkan Kontraktor dimaksud disini yaitu pekerjaan atau kegiatan Kontraktor Pemborong yang menciptakan produk dan keuangannya berasal dari pemerintah.


Kontraktor pemborong identik dengan pekerjaan Pembangunan Kontruksi, yang sebenarnya banyak Program kegiatan pekerjaan Pengadaan dari Pemerintah selain kontruksi, misalnya Pengdaan Komputer Para Guru, Pengadaan Moubelair Kantor Pengadilan atau Sekolahan, Pengadaan Buku, Pengadaan Alat Laborat Sekolahan dan lain sebagainya.


Berapa Modal minimal menjadi seorang kontraktor pemborong

Minimal memiliki permodalan Rp.50juta tersimpan pada saldo rekening Bank, sedangkan pekerjaan atau kegiatannya memang berfariasi namun basic dan lebih banyak item pekerjaan Kontruksi bangunan.


Tahapan menjadi kontraktor pemborong

1. Membuat perusahaan, misalnya dengan nama Cv.Karya Kontruksi atau mencari nama lain yang belum terdaftar pada wilayah tersebut. Hubungi Notaris PPAT terdekat dalam hal itu, persiapkan Nama Direktur dan Wakil Direktur perusahaan yang akan dibuat. Mengenai tarifnya tidak sama setiap wilayah, hal tersebut bergantung jumlah banyaknya Notaris diwilayah tersebut, jika semakin banyak Notaris pada suatu wilayah maka semakin murah tarifnya, disebabkan saling bersaing harga. Persiapkan saja kurang dari Rp.4juta.

2. Ikuti dan bergabung Ikatan gabungan kontraktor diwilayah Anda jika ada, namanya berfariasi serta memiliki program kerja berbeda-beda setiap tempat. Jika tidak ikut bergabung Anda akan dimusuhi.

3. Tahapan ketiga mencari pekerjaan. Berikan brosur perusahaan Anda pada perusahaan Konsultan setempat, kenapa tidak kantor dinas? karena konsultan yang memiliki item pekerjaan lebih banyak serta berfariasi.

4. Rajin membayar pajak SPPP perusahaan, jangan sampai pada saat akan termyn pencairan dana, Anda ribut belum membayar pajak.

Jalin kerjasama yang baik dengan Konsultan, Loyalitas perlu dijaga atau ditingkatkan.

 


Darimana keuntungan Kontraktor Pemborong

Misalnya dalam sub analisa RAB (Rencana Anggaran Biaya) tertulis, dibutuhkan Rp.1juta untuk pengerjaan setiap 1m persegi bangunan kontruksi dinding, dengan perincian:
5zak semen @Rp.80.000 = Rp.400.000
70pcs batako @Rp.500 = Rp.35.000
3m-kibik pasir @Rp.50.000 = Rp.150.000
1Mandor @Rp.100.000 = Rp.100.000
1kepala-tukang @Rp.95.000 = Rp.95.000
3tukang @Rp.60.000 = Rp.180.000
2pekerja @Rp.20.000 = Rp.40.000
Dilapangan Anda cukup menggunakan 4 atau 5 pekerja saja cukup dengan bayaran Rp.60ribu setiap semua tukang atau pekerja (semua campur -mandor, tukang, pekerja). Membeli 1truck pasir dengan harga Rp.500ribu sudah mendapat keuntungan banyak, termasuk 1pcs batako misal dengan harga satuan Rp.500 jika membeli ribuan akan mendapat potongan harga lebih banyak hampir 40%.

 


Mendapatkan pekerjaan pada konsultan

Basicnya Anda mengikuti proses pelelangan yang diselenggarakan Konsultan, biasanya diselenggarakan pada kantor pengadilan negeri setempat, ikuti proses kinerja serta tahapannya dengan baik, Anda akan diberikan berkas form berbentuk tabel berisikan daftar isian analisis pekerjaan serta nilai EE (Estimate Engineer) total harga produk yang Anda bertugas menawar nilai EE tersebut. Jika Anda menang pada acara pembukaan harga terhadap para penawar kontraktor lainnya, Anda yang bertugas mengerjakan produk.


Sistem lain mendapatkan pekerjaan pada Konsultan yaitu dengan Sistem Pindah Tangan, misalnya:
Suatu Kontraktor Terhenti pengerjaan produk atau kontruksi disebabkan kekurangsiapan permodalan, tenaga ahli, tukang atau salah penafsiran, hal tersebut banyak terjadi dengan anggapan -Uangnya dulu, baru pengerjaan,..- bahwasanya terdapat prosentase tertentu yang biasanya tercantum dalam perjanjian kontrak dan peraturan.
untuk Produk senilai lebih dari 200juta dilakukan tahapan pencairan secara bertahap, misalnya nilai Rp.200juta terdapat 3 tahapan, termyn I 30% pengerjaan dilapangan, termyn II 70% pengerjaan, serta termyn III 100% pengerjaan dilapangan.

Menangani hal tersebut Konsultan melakukan sistem Pindah Tangan Pengerjaan, Memberikan pekerjaan yang Terhenti tersebut kepada kontraktor lainnya dengan mengganti rugi pekerjaan yang sudah dikerjakan, misalnya, diharuskan membayar Rp.10juta dengan perhitungan ganti rugi pekerjaan yang sudah dibuat, 10juta tersebut dihitung dari total keuangan yang dikeluarkan kontraktor sebelumnya, contoh pemasangan pondasi serta material yang dikeluarkan kontraktor sebelumnya.
Konsultan akan membuat Addendum serta membantu membuatkan Gunning baru serta Surat Kuasa pergantian Perusahaan dalam pengerjaan.

 


Pencairan dana atau Termyn

Pencairan diperbolehkan setidaknya untuk nilai proyek diatas Rp.200juta sekitar 30% kemajuan pelaksanaan fisik pekerjaan dilapangan atau sekitar Rp.35juta keuangan dikeluarkan. Misalnya sudah mulai kegiatan pekerjaan Pemasangan dinding batako sebahagian, maka Pihak Kontraktor dapat mengajukan pencairan 30% terhadap dana anggaran produk.

Mungkin Anda akan dihadapkan dengan penduduk warga setempat, wartawan atau polisi pada saat pengerjaan dilapangan, Anda cukup persiapkan keuangan kurang dari Rp.500ribu pada orang tersebut, jika orang tersebut tidak dapat menerima laporkan pada rekan konsultan, bahwasanya itu merupakan mafia, namanya tidak ada dalam pekerjaan.

Tidak perlu korupsi dengan mengurangi volume yang telah diperhitungkan Konsultan, hal tersebut berbahaya dan akan mengurangi kualitas, mutu serta ketahanan produk.